Kamis, 28 Januari 2021

Klaim Allianz Anda Tidak di ACC? Bisa Jadi Karena Hal Ini!


Sejak masa pandemi virus Corona ini kesadaran masyarakat untuk membeli produk asuransi nyatanya semakin tinggi. Hal ini disebabkan karena memang mereka sadar untuk melakukan proteksi sebelum hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi. Misalnya adalah datangnya penyakit, apalagi semenjak virus Corona mewabah banyak orang yang baru menyadari betapa mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat. Tanpa adanya asuransi tentunya membuat mereka kelabakan, tak jarang diantaranya yang harus menjual aset hingga berhutang hanya untuk membayar biaya pengobatan tersebut.

Namun akan berbeda ceritanya ketika Anda sudah punya asuransi, dari Allianz misalnya. Ketika nanti berobat, maka tinggal klaim Allianz saja untuk mendanai biaya pengobatan tersebut. jauh lebih praktis lagi jika seandainya produk asuransi yang dipilih tersebut dengan sistem cashless, sehingga tidak perlu menyiapkan uang talangan untuk biaya berobat. Hanya saja ternyata dalam klaimnya sendiri ada begitu banyak syarat dan ketentuan yang harus diikuti. Patut diketahui juga ternyata ada beberapa kondisi yang menyebabkan klaim asuransi tersebut ditolak, diantaranya adalah:

  1. Kondisi polis sedang tidak aktif, ketika polis asuransi Anda non aktif, secara otomatis tak dapat menikmati fasilitas klaim tersebut. Hal ini dapat dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya adalah pembayaran premi sudah jatuh tempo atau melewati tenggat waktu yang sudah ditentukan.
  2. Klaim yang dimaksudkan tidak termasuk dalam klausal, patut juga bagi Anda untuk mengecek apakah yang akan diklaim tersebut termasuk dalam polis ataukah tidak, karena jika seandainya tidak, maka otomatis pengajuan klaim juga akan ditolak.
  3. Pengajuan klaim yang dilakukan melebihi batas waktu yang sudah ditentukan, artinya memang telat atau terlalu lama ketika mengajukan klaim tersebut, sehingga permintaan juga tidak dapat diproses. Itulah mengapa akan lebih aman bagi Anda sesegera mungkin mengajukan klaim.
  4. Dokumen tidak lengkap, kesalahan yang paling sering terjadi adalah ketika dokumen yang disertakan tidak lengkap. Tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan asuransi tersebut. terlihat sepele memang, namun bisa membuat permintaan klaim secara otomatis ditolak.
  5. Penyakit tersebut sudah ada sebelum polis dibeli, jikapun masa tunggu atau waiting period sudah terlewati. Namun jika seandainya terbukti bahwa penyakit tersebut telah ada sebelum polis dibeli. Maka secara otomatis permintaan klaim juga akan ditolak.
  6. Klaim yang dimaksud termasuk dalam pengecualian, nyatanya memang ada beberapa hal yang termasuk pengecualian dalam asuransi, sehingga jikapun diklaim maka akan ditolak.

Itulah setidaknya beberapa faktor yang menyebabkan klaim Allianz ditolak, jangan sampai melakukan kesalahan di atas. Baca secara lengkap syarat dan ketentuan, begitu juga dengan alur proses pengajuan klaim tersebut, sehingga nantinya permintaan Anda akan diterima.

0 komentar:

Posting Komentar