Selasa, 03 November 2020

6 Cara Memilih dan Merawat Laptop untuk Mahasiswa Agar Tahan Lama

Pemakaian laptop sudah menjadi hal yang rasanya wajib bagi para mahasiswa. Laptop termasuk kebutuhan yang harus dipenuhi demi memperlancar kegiatan kuliah. Banyaknya produk laptop beredar di pasaran sering membuat mahasiswa bingung memilihnya. Belum lagi bila memikirkan ketahanannya. Nah, ada berbagai hal yang bisa dipertimbangkan saat akan membeli laptop untuk mahasiswa dengan harga terjangkau, tetapi bisa dipakai lama.

Perawatan Laptop Supaya Tidak Cepat Rusak

Selain memilih produk laptop yang sesuai kebutuhan, Anda juga wajib mengerti langkah perawatan dasar agar laptop bisa digunakan lama, tanpa mengalami kerusakan yang sering mendatangkan kerugian.

1. Memahami Kebutuhan Pemakaian

Saat memilih laptop yang pertama harus dilakukan ialah dengan memahami kebutuhan pemakaian. Spesifikasi laptop berbeda-beda dan harganya pun beragam. Semakin canggih laptop, semakin mahal pula harganya. Jadi Anda harus paham dulu, laptop seperti apa yang dibutuhkan.

Misalnya, hanya untuk mengetik dan mengolah data, berarti laptop untuk mahasiswa yang harganya tidak terlalu mahal bisa menjadi pilihan. Sedangkan jika Anda akan memakainya untuk mendesain, menggambar, editing, dan semacamnya akan membutuhkan laptop spesifikasi di atas standar dengan harga yang tentu lebih mahal.

2. Matikan Laptop Agar Tidak Cepat Panas

Sayang sekali bila sudah membeli laptop tetapi tidak dirawat dengan baik dan membuatnya cepat rusak. Oleh karena itu jangan lupa untuk matikan laptop bila tidak sedang digunakan. Ingatlah kalau laptop dengan komputer itu berbeda. Laptop sangat rentan rusak karena cepat panas.

3. Lakukan Instalasi Anti-Virus

Berikutnya, Anda bisa instalasi anti-virus untuk menghindari laptop terkena virus dan malware. Sebab jika laptop sudah kena virus, maupun malware, maka siap-siaplah aktivitas menggunakannya jadi sangat terganggu. Belum lagi kemunculan folder atau file yang tiba-tiba. Ditambah laptop jadi mudah nge-lag. Agar lebih terjamin, gunakanlah anti-virus berbayar.

4. Lakukan Update BIOS

Laptop biasanya meminta update rutin BIOS untuk membuat berbagai perangkat dan aplikasi jadi lebih baik. Terkadang ada pengguna laptop yang malas melakukannya karena merasa membutuhkan waktu untuk proses update. 

Padahal rutinitas ini penting bagi kesehatan laptop. Coba atur jadwal update agar prosesnya tidak mengganggu. BIOS yang rutin di-update akan membuat performa laptop jadi lebih baik lagi.

5. Jangan Sembarangan Download Perangkat

Sering kali pemakaian laptop jadi tidak tahan lama karena melakukan banyak download perangkat tambahan, atau aplikasi sembarangan. Terkadang bisa juga dilakukan tidak sengaja tanpa membaca lebih rinci seputar aplikasi yang ditawarkan oleh situs tertentu. Jauhi hal tersebut karena umumnya malam membawa virus ke dalam laptop.

6. Rutin Bersihkan Laptop

Satu lagi yang sering diabaikan ialah membersihkan laptop. Laptop yang jarang dibersihkan menyimpan banyak debu, kuman, serta bakteri. Kalau bisa bersihkan setiap hari semua bagiannya dengan kapas dan minyak kayu putih. Bisa pula dengan kuas kecil untuk bersihkan area yang susah dijangkau seperti bagian keyboard. Bagian layar pun menjadi satu bagian yang paling mudah berdebu.

Memilih laptop untuk mahasiswa bukan hanya tentang harga, tetapi juga bisa diperhatikan kualitas yang ditawarkan oleh masing-masing produk. Setelah membeli sesuai kebutuhan, rawatlah dengan baik seperti langkah dasar perawatan laptop di atas. Jangan lupa perhatikan pula saat membawa laptop ke mana-mana. Karena laptop rentan rusak bila dibawa dengan cara yang kurang tepat. Gunakan tas khusus laptop untuk melindungi body laptop. Hindari laptop terkena guncangan dan terkena benturan.

0 komentar:

Posting Komentar