Minggu, 05 Juli 2020

4 Jenis Asuransi Perjalanan dan Persyaratan Umum Pengajuannya


Asuransi perjalanan secara garis besar menawarkan perlindungan bagi Anda yang sedang bepergian. Karena itu, penting bagi Anda untuk memilih asuransi perjalanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda,misalnya saja asuransi perjalanan MSIG.

Nah, salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam memilih asuransi perjalanan adalah memilih jenis yang tepat. Secara umum, ada 4 (empat) jenis asuransi perjalanan yang tersedia, terlepas dari perusahaan asuransinya. Lalu, apa saja keempat jenis asuransi perjalanan tersebut?

Jenis Asuransi Perjalanan


1. Single trip insurance

Jenis asuransi yang satu ini adalah asuransi jangka pendek yang paling pas bagi Anda yang tidak bepergian secara rutin. Misalnya, hanya dua atau tiga kali saja dalam satu tahun. Sesuai dengan namanya, asuransi ini memberikan perlindungan untuk satu kali perjalanan saja.

2. Annual trip insurance

Untuk Anda yang rajin bepergian, asuransi yang satu ini adalah pilihan yang sangat pas. Misalnya, tiap bulan bahkan sampai tiap minggu, Anda rutin melakukan perjalanan. Jenis perjalanan yang ditanggung juga bebas dan beragam, baik itu perjalanan bisnis maupun liburan.

3. Individual travel insurance

Sementara itu, jenis asuransi perjalanan yang satu ini adalah jenis yang dikategorikan berdasarkan jumlah orang yang ditanggung. Sesuai dengan namanya, asuransi akan memberikan perlindungan untuk perjalanan yang dilakukan oleh satu orang saja, dan biasanya hanya untuk satu kali perjalanan. Oleh sebab itu, jenis asuransi perjalanan ini juga sering disebut dengan istilah asuransi pribadi.

4. Group travel insurance

Jika individual travel insurance ditujukan untuk satu orang, maka group travel insurance adalah jenis asuransi yang ditujukan untuk perjalanan yang dilakukan oleh sekelompok orang atau rombongan. Contohnya perjalanan dinas perusahaan, perjalanan wisata kantor, gathering, liburan keluarga, dan sebagainya, di mana terdapat lebih dari satu orang dalam perjalanan. Dibanding membeli asuransi pribadi sendiri-sendiri, group travel insurance ini lebih praktis dan hemat.

Syarat Umum Pengajuan Asuransi Perjalanan

Setelah mengetahui jenis-jenis asuransi perjalanan untuk membantu Anda memilih produk yang tepat, Anda juga perlu tahu apa saja syarat pengajuannya. 

Nah, berikut ini adalah syarat umum yang perlu Anda penuhi saat pengajuan asuransi perjalanan:

  • Pemegang polis berusia minimal 17 tahun dan maksimal 80 tahun.
  • Menyertakan KTP atau paspor yang masih berlaku.
  • Menyertakan Kartu Keluarga (KK) untuk group travel insurance.
  • Mengisi formulir yang disediakan perusahaan asuransi dengan jelas dan sesuai kondisi sebenarnya. Di dalam formulir ini, Anda juga perlu mencantumkan informasi soal destinasi perjalanan dan lama perjalanan yang telah direncanakan.

Itulah keempat jenis asuransi perjalanan dan syarat umum pengajuan yang perlu Anda ketahui dan penuhi. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

0 komentar:

Posting Komentar