Kamis, 09 Januari 2020

Gejala Umum Gangguan Kepribadian

Gejala umum gangguan kepribadian  dapat terjadi dengan berbagai macam gejala serta bentuknya, karena gangguan kepribadian sendiri terdiri dari beberapa gangguan yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami hal ini. Gangguan kepribadian dapat menyebabkan penderitanya memiliki perilaku serta pikiran yang berbeda atau tidak normal dengan orang lainnya.

irishtimes.com

Terdapat berbagai hal yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan kepribadian ini. Faktor genetik, lingkungan, serta adanya trauma masa lalu bisa menjadi pemicu dari munculnya gangguan kepribadian ini.

Lalu apa pengertian dari gangguan kepribadian serta apa saja gejala yang muncul dari orang yang mengalami gangguan kepribadian ini ? Berikut adalah penjelasan pengertian dan gejala umum dari gangguan kepribadian.


Pengertian Dari Gangguan Kepribadian Atau Personality Disorder ( PD )

Gangguan Kepribadian atau Personality Disorder ( PD ) merupakan kumpulan dari gangguan kejiwaan yang sangat mempengaruhi pola pikir penderitanya, baik bagaimana penderita  berpikir, merasakan, hingga bertingkah laku. Kepribadian sendiri adalah suatu kumpulan yang unik dari watak seseorang, gaya perilaku, serta pola yang dapat membentuk karakter seseorang tersebut. Kepribadian dari tiap orang berguna untuk mempengaruhi bagaimana cara memandang dunia, pikiran, perilaku serta dalam hal perasaan.

Akibat dari gangguan kepribadian ini, seseorang yang menderita PD akan akan sangat kesulitan dalam melakukan sosialisasi baik dengan teman bahkan dengan keluarga sendiri.  Penderitanya juga akan tidak menyadari perilakunya sendiri apakah perilaku tersebut normal dimata orang atau tidak normal seperti pada umumnya.


Gejala Gangguan Kepribadian

Gejala umum gangguan kepribadian dibedakan menjadi tiga bagian yaitu A, B dan C. Penderita kelompok A biasanya memiliki perilaku dan pemikiran aneh sebagai berikut :


Gangguan Kepribadian Skizotipal

Gejala penderita ini adalah pemikiran dan tindakan yang aneh, serta kerap merasa cemas yang berlebihan terhadap situasi sosial.


Gangguan Kepribadian Skizoid

Gejala dari gangguan ini adalah memiliki sikap yang dingin terhadap berbagai situasi tidak ada ekspresi ketika dihina atau dipuji sekalipun.


Gangguan Kepribadian Paranoid

Gejala yang terlihat dari gangguan ini adalah adanya kecurigaan serta rasa tidak percaya terhadap seseorang bahkan hingga keluarga sendiri.

Penderita kelompok B ditandai dengan pola pikir serta perilaku yang tidak dapat ditebak, serta memiliki emosi yang berlebihan, jenis gangguan ini adalah :


Gangguan Kepribadian Ambang

Gejala dari gangguan ini adalah, pendertia memiliki emosi yang tak stabil dan berubah - ubah serta suka menyakiti diri sendiri.


Gangguan Kepribadian Antisosial

Orang dengan gejala gangguan ini biasanya tidak peduli terhadap situasi sosial dan seringkali mengabaikan norma sosial.


Gangguan Kepribadian Narsistik

Gejala dari gangguan ini adalah, penderita cenderung arogan dan selalu mengharapkan pujian dari orang lain, dan merasa dirinya adalah istimewa.


Gangguan Kepribadian Histrionik

Orang yang menderita gangguan ini gejalanya yaitu terlalu mendramatisir keadaan, mencemaskan penampilan dan selalu ingin mencari perhatian.

Penderita kelompok C biasanya ditandai dengan rasa cemas dan ketakutan, yang terdiri dari :


Gangguan Kepribadian Dependen

Penderita dari gangguan ini cenderung untuk selalu bergantung pada orang lain, dan tak bisa mengandalkan diri sendiri.


Gangguan Kepribadian Menghindar

Gejala dari gangguan ini adalah selalu menghindar dari kontak sosial terutama bila bertemu dengan hal dan orang yang baru.


Gangguan Kepribadian Obsesif Kompulsif

Gejalanya adalah penderita sukar untuk diajak bekerja sama, cenderung suka mengatur serta menyelesaikan pekerjaan sendiri.

Demikianlah pengertian serta gejala umum gangguan kepribadian  yang terbagi ke dalam beberapa kelompok.

0 komentar:

Posting Komentar