Kamis, 05 Desember 2019

Pertimbangkan 6 Hal Penting Ini Saat Akan Beli Rumah Idaman


Selain sebagai tempat tinggal, rumah juga merupakan salah satu investasi jangka panjang. Makanya, tak mengherankan jika banyak orang ingin memiliki rumah sendiri, baik itu dibeli lunas atau pun dengan sistem kredit. Bagi Anda yang ingin wujudkan rumah imajinasimu dengan membeli rumah dalam waktu dekat, 6 hal berikut ini patut Anda jadikan pertimbangkan. 

1. Sesuaikan Harganya dengan Kemampuan Keuangan Anda 

Setinggi apapun keinginan Anda untuk memiliki rumah idaman, jangan sampai membuat Anda harus luntang-lantung tak karuan dalam memenuhi kebutuhan harian. Sesuaikan harga rumah yang akan dibeli dengan tabungan yang telah disediakan. Jika pembelian rumah dilakukan secara kredit, pastikan pendapatan bulanan Anda bisa memenuhi besaran cicilan per bulannya. 
Pembelian rumah yang melebihi bujet, hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Misalnya saja, Anda bisa saja kehilangan rumah yang sedang dicicil, karena tak mampu lagi membayar cicilan KPR setiap bulannya. Parahnya lagi, pengajuan KPR Anda di masa depan bisa saja ditolak karena ketidaksanggupan membayar cicilan di masa lalu. Rugi banget kan jadinya? 

2. Lokasi Rumah yang Akan Dibeli 

Setelah harga, lokasi rumah yang akan dibeli pun patut untuk dijadikan bahan pertimbangan. Rumah yang letaknya di perkotaan tentu memiliki akses yang lebih luas dalam banyak hal, namun biasanya harganya tentu membumbung tinggi. Berbeda dengan rumah yang letaknya di pinggiran, harganya mungkin relatif lebih rendah namun akses biasanya akan lebih terbatas. 
Pastikan juga apakah lokasi rumah yang akan dibeli tersebut rawan akan bencana, misalnya saja banjir, tanah longsor, dan lainnya. Dengan begini, Anda siap dengan konsekuensi yang mungkin dialami saat tinggal di sana. Bagaimanapun juga, rumah yang Anda tempati tentu saja harus mendatangkan kenyamanan bagi Anda yang akan menempatinya. 

3. Material serta Desain Rumah yang Akan Dibeli 

Anda patut mencari tahu tentang material serta desain rumah yang nantinya akan Anda beli. Material yang dipakai membangun rumah, akan sangat berpengaruh pada ketahanan rumah tersebut. Makanya, jangan ragu bertanya pada developer atau pihak bank yang menawarkan rumah itu. Dengan mengetahui materialnya, Anda bisa menentukan cara tepat untuk merawatnya. 
Selain material, jangan lupa juga untuk melihat desain rumah tersebut. Carilah desain rumah yg bikin relax sehingga Anda betah untuk tinggal di sana. Jika perlu, minta bantuan agen properti untuk mencarikan rumah yang desainnya sesuai dengan selera Anda. Dengan begini, Anda nantinya tak perlu repot mendesain ulang rumah yang telah dibeli tersebut. 

4. Lingkungan di Sekitar Rumah 

Keamanan lingkungan di sekitar rumah merupakan salah satu hal yang patut Anda pertimbangkan. Anda bisa menanyakan pada orang yang tinggal di sekitar lokasi rumah yang akan dibeli, mengenai kondisi di tempat tersebut. Pastikan lingkungan rumahnya aman, khususnya dari tindakan kriminal seperti pencurian, tawuran antar warga, atau hal buruk lainnya. 
Jika Anda misalnya suka untuk berinteraksi dengan tetangga, carilah lokasi rumah di tempat yang warganya aktif bersosialisasi. Umumnya, jika sebuah perumahan dipenuhi oleh pegawai kantoran, sosialisasinya tak begitu aktif disebabkan karena kesibukan dalam bekerja. Namun, jika Anda tak begitu peduli dengan hal tersebut, lokasi di atas mungkin sesuai dengan Anda. 

5. Fasilitas Umum di Sekitar Lokasi Rumah 

Sebelum membeli rumah, sebaiknya Anda pertimbangkan keberadaan fasilitas umum di sekitar rumah tersebut. Apakah sekolah, rumah sakit, puskesmas, serta fasilitas umum yang krusial sifatnya bisa diakses dengan mudah dari lokasi rumah. Jangan sampai nanti jika Anda jatuh sakit, butuh berjam-jam lamanya hanya untuk menjangkau rumah sakit terdekat. 

6. Kesehatan Rumah yang Akan Dibeli 

Keberadaan drainase yang lancar, ventilasi udara yang bekerja dengan baik, dan juga kebersihan di sekitar rumah merupakan hal mutlak yang harus ada. Anda tentu tak menginginkan kondisi rumah yang ditempati, menjadi penyebab utama sakit yang Anda alami. Oleh karena itu, pastikan kondisi rumah layak untuk ditempati dari segi kesehatannya. 
Itulah tadi 6 hal yang patut Anda jadikan pertimbangan saat akan membeli rumah. Pastikan Anda merasa nyaman sepenuhnya saat berada di rumah yang akan dibeli tersebut. Jika belum bisa membeli rumah langsung lunas, Anda bisa kredit rumah mudah via BTN Properti. Pilihan rumahnya beraneka ragam, yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

0 komentar:

Posting Komentar