Rabu, 04 Desember 2019

Masuki Musim Penghujan, BMKG Beri Peringatan Dini


Indonesia menjadi salah satu negara, yang hanya memiliki 2 musim saja setiap tahunnya. Setelah menjalani musim kemarau berkepanjangan, kini saatnya digantikan dengan musim hujan yang cukup lebat. 

Kian tahun berlalu, musim kemarau tampaknya mengalami kemunduran dari jadwalnya. Memasuki bulan berakhiran “ber”, Indonesia harus bersiap menghadapi hujan lebat. BMKG sejak dini telah mengingatkan warganya, untuk menghadapi musim penghujan.

Bulan Hujan Mulai Turun

Pada umumnya Indonesia akan memasuki musim hujan, ketika memasuki bulan September ataupun Oktober. Hanya saja tahun 2019 ini hujan baru mulai turun di bulan November, terkecuali di daerah Kalimantan dan Sumatera. Kedua daerah tersebut sudah merasakan nikmatnya nuansa air hujan, sejak pertengahan Oktober tahun ini. Keterlambatan hujan datang, diakibatkan dari rendahnya suhu di permukaan laut.

Dilansir dari harapanrakyat.com, suhu permukaan laut tercatat sekitar 27 derajat celcius di beberapa daerah bagian selatan dan barat Indonesia. Dengan suhu tersebut, pembentukan awan menjadi kurang. 

Hingga pada akhirnya, hujan pun turun pada bulan November ini. Karena sebagian wilayah Indonesia baru memasuki musim penghujan di bulan november, masyarakat menyebutnya sebagai november rain. Inspirasi sebutan tersebut, berawal dari judul lagu dari Guns N Roses.

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

BMKG nampaknya memberikan peringatan dini kepada para warganya, karena diperkirakan akan turun hujan yang disertai dengan angin kencang. Salah satu angin kencang yang mungkin saja melanda sebagian daerah di tanah air, yaitu angin puting beliung. Bahkan BMKG telah menulis di akun twitter resminya, bahwa peralihan musim yang akan terjadi perlu diwaspadai. 

Potensi becana yang memungkinkan terjadi, adanya hujan lebat dengan durasi singkat namun disertai dengan angin kencang seperti puting beliung. Fenomena angin kencang memutar ini cukup ditakuti, karena dapat merusak apapun yang dilewatinya. Bentuknya sendiri pun, terlihat seperti belalai yang seakan keluar dari awan cumulonimbus. Puting beliung cenderung terjadi di daratan, sementara angin kencang sebaliknya.

Namun menurut BMKG, tidak semua awan cumulonimbus (CB) memilki potensi untuk menimbulkan puting beliung. Agar CB berubah menjadi puting beliung, terdapat sejumlah kondisi layaknya atmosfer yang melebihi ambang batas tertentu. Ketika atmosfer telah melebihi batasnya, akan terjadi indikasi udara yang tidak stabil. Apabila kondisi terus berlanjut, maka angin puting beliung barulah terjadi.

Berikan Peringatan Dini Di Musim Hujan

BMKG aktif memberikan berita terkini terkait cuaca terkini. Agar mendapatkan informasi lebih cepat, anda bisa menggunakan aplikasi ataupun mengikuti akun resminya di twitter. Imbauan mengenai musim penghujan di november rain ini, telah dikeluarkan BMKG di akun resmi twitternya. Bahkan disebutkan, terdapat beberapa wilayah di tanah air yang berpotensi mengalami hujan lebat dengan angin kencang. 

Tidak hanya hujan dan angin yang akan menyapa di beberapa wilayah Indonesia, namun petir dengan tingkat kekuatan tertentu akan hadir menyapa. Pada tanggal 4 November 2019, BMKG telah menyebutkan berbagai wilayah yang berpotensi hujan lebat. Wilayah yang dimaksudkan meliputi Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, serta Kepulauan Bangka Belitung. 

Hujan lebat pada umumnya dibarengi dengan angin kencang yang menyertainya. Hujan yang dibarengi dengan hujan lebat, membuat suasana sekitar cukup mencekam. Ditambah dengan gelapnya langit dan petir yang menyambar dengan dasyatnya, hujan lebat semakin menakutkan. Kondisi tersebut diprediksi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Wilayah yang diprediksi mengalami kondisi ini yaitu Sumatera Selatan, Jabotabek, Kalimantan Barat, Jawa Barat, dan Papua.

Menghadapi cuaca yang tidak mendukung, warga tanah air diimbau untuk mempersiapkan diri jauh hari. Terutama menghadapi musim penghujan, ada banyak persiapan yang harus dilakukan. Mulai dari lingkungan sekitar, hingga kesehatan diri perlu dipersiapkan dengan baik. Untuk menjaga lingkungan sekitar, warga dianjurkan untuk menjaga cadangan air yang dimiliki. 

Bulan November 2019 ini, masyarakat Indonesia harus bersuka cita karena memasuki musim hujan. Dibalik nikmatnya cuaca dingin, masyarakat perlu mewaspadai adanya bencana selama musim hujan berlangsung. Sebab hujan lebat dibarengi dengan angin kencang, hingga petir yang siap menyambar. BMKG telah memberikan peringatan sejak jauh hari, agar warga Indonesia siap menghadapi musim  penghujan hingga beberapa bulan kedepan.  

0 komentar:

Posting Komentar