Minggu, 15 Desember 2019

Ini dia Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menyusui


Memang proses meyusui itu bukanlah hal yang mudah, terutama bagi para ibu pemula. Supaya proses menyusui berlangsung maksimal, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat menyusui. Dalam hal ini, anda bisa menerapkannya secara bertahap mengikuti kebiasaan sehari-hari, selama anda merasa nyaman dan bayi tidak terganggu. Selain itu, anda juga harus merawat payudara sejak dini supaya pemberian ASI optimal, terutama di saat ibu menyusui. Sehingga kesuksesan dalam menyusui sang bayi membutuhkan persiapan yang baik sejak dini. Maka dari itu, payudara anda harus mendapatkan perawatan secara teratur. 

Perawatan payudara selama kehamilan bertujuan supaya selama masa menyusui nanti, produksi ASI anda cukup, tidak terjadi kelanian pada payudara dan bentuk payudara tetap baik setelah menyusui. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan membahas tentang hal-hal yang harus diperhatikan saat menyusui sebagai berikut :

1. Sesuaikan Ukuran Bra

Biasanya kehamilan akan mempengaruhi ukuran payudara. Dimana, payudara akan terasa lebih padat, kencang, sakit atu nyeri. Untuk menunjang perkembangan payudara dalam masa kehamilan, sejak usia 2 bulan sebaiknya anda mulai mengganti bra dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran yang biasa dipakai. Hal ini dilakukan agar bisa menopang perkembangan payudara anda. Karena kalau menggunakan bra yang tidak sesuai dengan ukuran payudara bisa menyebabkan infeksi seperti mastitis.

2. Kompres Puting Susu

Dalam hal ini, persiapkan puting susu anda selama kehamilan supaya menjadi lentur, kuat, dan tidak ada sumbatan. Persiapan ini dilakukan setiap hari sebanyak 2 kali sehari setelah usia kehamilan 7 bulan. Dan kompres masing-masing puting susu selama 2-3 menit dengan menggunakan kapas yang dibasahi baby oil. Lalu putar puting dengan lembut antara telunjuk dan ibu jari ke arah luar sebanyak 20 kali dan ke arah dalam 20 kali.

3. Latihan Menyangga Payudara

Disini anda akan melakukan latihan gerakan otot-otot badan yang berfungsi untuk menyangga patudara, seperti gerakan untuk memperkuat otot pektoralis. Caranya adalah kedua lengan disilangkan di depan dada, saling memegang siku lengan lainnya, lalu lakukan tarikan sehingga terasa tegangan otot-otot di dasar payudara. Latihan ini bisa menunjang produksi ASI serta membantu untuk mempertahankan bentuk payudara setelah selesai masa menyusui. 

4. Mengatur Istirahat 

Seperti yang diketahui bahwa masa menyusui merupakan masa yang paling sensitif bagi seorang dalam kehidupan seorang ibu, baik secara fisik maupun emosional. Pada saat mulai menyusui, anda butuh waktu untuk berisitirahat agar proses menyusui menjadi lancar.

5. Istirahat Di Tempat Tidur Agar Sukses Menyusui

Dengan beristirahat di tempat tidur pada hari pertama pasca melahirkan adalah kunci awal keberhasilan menyusui. Sehingga banyak dokter yang menyarankan hal tersebut. Supaya waktu beristirahat anda tidak membosankan, anda bisa melakukannya sambil nonton tv, baca buku, baca majalah, dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga bisa menyiapkan makanan kecil dan minuman di dekat tempat tidur anda.

6. Makan, Minum dan Ngemil

Supaya anda tetap memiliki tenaga yang cukup untuk menyusui dan merawat bayi, tentunya anda membutuhkan makanan yang bergizi serta cairan yang cukup banyak. Oleh karena itu, anda disarankan untuk tidak pernah melewatkan waktu makan. Dalam hal ini, tidak ada salahnya juga jika diantara waktu makan, anda mengemil makanan kecil yang bergizi seperti buah-buahan.

Mungkin itu saja artikel kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda tentang seputar ibu menyusui. 

0 komentar:

Posting Komentar