Kamis, 14 November 2019

Merawat Luka Setelah Operasi Caesar dengan Cara yang Tepat


Setiap calon ibu yang akan menjalani proses persalinan tentu memiliki proses persalinan idamannya sendiri. Ada yang menginginkan untuk menjalani proses persalinan secara normal ada pula yang memilih untuk melakukan operasi caesar. Tapi, pengambilan keputusan operasi caesar seringkali juga didasari oleh keadaan yang mengharuskan seorang ibu untuk melakukan hal tersebut.

Setelah melakukan operasi caesar, seorang ibu perlu menjalani proses pemulihan pada area luka bekas operasinya. Proses ini bukanlah proses yang mudah dan sebentar meski sudah ada obat luka operasi biar cepat kering. Diperlukan juga proses perawatan luka agar proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat. Berikut ini beberapa caranya.

Pilih pakaian yang Nyaman

Bagi ibu hamil, pakaian yang dipilih tidak bisa sekadar memperhatikan penampilan agar terlihat menarik saja. Ia juga harus memperhatikan apakah pakaian yang dikenakannya nyaman untuknya dan anak yang ada di dalam rahimnya. Tak terkecuali pasca melakukan operasi caesar, dimana pemilihan pakaian sangat menentukan seberapa cepat proses penyembuhan luka operasi caesar.

PIlihlah pakaian yang nyaman dan longgar setelah menjalani operasi caesar sampai luka benar-benar mengering. Pakaian yang ketat bisa menimbulkan gesekan pada area luka yang akan berpotensi menjadi iritasi dan membuat proses penyembuhan jadi semakin lama. Pilihlah pakaian dengan bahan yang lembut seperti katun atau rayon dengan bukaan untuk menyusui sehingga tidak menyulitkan Anda apabila ingin menyusui sang bayi sewaktu-waktu.

Konsumsi nutrisi yang seimbang

Proses pemulihan luka pasca operasi tidak hanya bisa dilakukan dari luar dengan menggunakan obat saja. Agar luka bisa cepat sembuh, Anda juga bisa mengobatinya dari dalam. Caranya, yakni dengan memilih makanan dengan nutrisi yang berguna untuk mempercepat proses regenerasi sel.

Agar proses regenerasi sel kulit berjalan lebih cepat, maka Anda perlu menjaga keseimbangan nutrisi saat makan. Konsumsilah makanan dengan kandungan protein dan vitamin yang tinggi agar dapat mempercepat proses regenerasi sel. Konsumsi juga makanan yang tinggi serat untuk menghindari sembelit. Sebab, sembelit bisa menghambat proses penyembuhan pasca operasi caesar dan memberikan rasa nyeri berlebih pada area bekas operasi.

Perawatan luka yang baik akan mempercepat proses pemulihan luka. Selain memperhatikan luka, beli obat muntah setelah selesai operasi juga tidak kalah penting sebagai efek samping dari proses operasi tersebut. Sehingga, Anda akan merasa nyaman dan luka juga bisa lebih cepat sembuh nantinya.

0 komentar:

Posting Komentar