Rabu, 27 November 2019

Hal yang Harus Dilakukan Apabila Tegangan Tembus Oli Trafo Turun


Salah satu parameter kinerja yang baik dari trafo adalah tegangan tembus olinya. Trafo yang baik memiliki tegangan tembus yang ideal sementara tegangan tembus yang menurun bisa menyebabkan berbagai macam masalah. Oleh sebab itu, pengecekan tegangan tembus oli menjadi salah satu parameter yang dicek oleh jasa perawatan trafo profesional. Apabila tegangan tembus oli menurun, maka berikut ini adalah hal yang akan dilakukan.

Penanganan untuk Kondisi Tegangan Tembus Oli Menurun

Kondisi tegangan tembus oli menurun tidak bisa dibiarkan begitu saja. Pasalnya, banyak kasus ledakan trafo di Indonesia ternyata berawal dari tegangan tembus oli yang sudah tidak baik. Ketika tegangan tembus oli menurun, maka temperatur kerja trafo bisa meningkat. Pada kondisi parah, hal ini akan menimbulkan short circuit yang berakibat pada ledakan.

• Purifikasi Oli Secara Rutin

Tegangan tembus oli yang ideal menurut ketentuan PLN adalah yang memiliki ukuran >30 Kv / 1 cm. Sehingga apabila tegangan tembus oli di bawah 30 Kv/ 1 cm itu artinya kondisi sudah tidak ideal lagi. Apabila dari hasil pengecekan dan pertimbangan jasa layanan perawatan trafo berkualitas oli masih layak untuk digunakan, maka bisa dilakukan purifikasi oli. Purifikasi sebaiknya dilakukan rutin untuk menaikkan tegangan tembus oli.

• Penggantian Oli

Apabila dari hasil pengecekan tegangan tembus oli oleh teknisi berpengalaman menemukan bahwa oli sudah tidak layak pakai, maka itu artinya oli harus segera diganti. Kelayakan oli bisa juga dilihat dari kualitas oli tersebut ketika dilakukan purifikasi apakah masih bisa meningkat sesuai standar atau tidak.

• Pengecekan Menyeluruh Jika Terjadi Kenaikan Temperatur

Harus dipahami bahwa temperatur oli dibandingkan oleh suhu kamar di sekelilingnya tidak boleh naik hingga melebihi 60 derajat Celcius bagi tipe conservator. Sementara untuk tipe non-conservator, maka kenaikan tidak boleh melebihi 55 derajat Celcius. Apabila terjadi kenaikan, maka cek apakah disebabkan oleh oli yang kurang atau karena tegangan tembus oli. 

Untuk mendapatkan pelayanan dari mulai pengecekan tegangan tembus oli berkala hingga perawatan trafo menyeluruh, percayakan saja pada Sewatama. Sewatama melalui website resminya di https://sewatama.com/id/ memberikan berbagai layanan terbaik untuk Anda.

0 komentar:

Posting Komentar