Minggu, 24 November 2019

Cara memilih aplikasi pinjam modal usaha yang aman


Banyaknya berita buruk atau berita negatif mengenai aplikasi fintek atau aplikasi pinjam modal usaha membuat masyarakat takut untuk melakukan pinjaman dana yang berbasis online tersebut. Salah satu yang membuat ragu dan takut untuk melakukan pinjaman online ini adalah bunga berlipat ganda yang mencekik pemimjamnya.

Akan tetapi tidak semua aplikasi fintek seperti itu, masih banyak aplikasi fintech yang memberikan pinjaman online yang aman. Dengan maraknya pinjol (pinjaman online) membuat kita bingung mana aplikasi pinjaman usaha yang aman dan mana yang palsu. Tapi anda tidak perlu khawatir karena pembahasan di artikel kali ini akan memberikan cara tentang bagaimana sih memilih aplikasi fintech yang aman? Langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Memiliki izin resmi OJK

Buat kalian yang ingin melakukan pinjaman online cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan memastikan terlebih dahulu mengenai perusahaan tersebut apakah sudah memiliki izin resmi dari ojk atau belum. Perlu diketahui bahwasanya, Lembaga keuangan yang terdaftar di ojk sudah pasti aman dan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Karena itu anda harus mencari penjol yang sudah terdaftar di OJK.

Melihat identitas perusahaan

Untuk menjaga keamanan dalam melakukan pinjaman online di aplikasi fintech ini kalian harus berhati hati, untuk itu kalian harus memastikan terlebih dahulu identitas perusahaan tersebut yang meyediakan pinjaman online tersebut. 

Minimal anda mengecek alamat perusahaan aplikasi fintek tersebut apakah datanya valid atau tidak. Biasanya aplikasi yang asli akan memberikan informasi yang lengkap mengenai identitas perusahaan beda halnya dengan aplikasi palsu mereka cenderung menyembunyikan identitasnya karena takut terbongkar kebohongannya.

Memberikan pinjaman mudah

Seperti yang kita ketahui aplikasi pinjaman modal usaha ini memberikan fasilitas pinjaman cepat. Akan tetapi perlu hal ini harus sangat anda perhatikan. Walau pun memberikan pinjaman mudah tetapi perusahaan juga kan memilih terlebih dahulu nasabah yang benar-benar bisa melakukan pinjaman setidaknya dengan melakukan wawancara terlebih dahulu.

Jika anda menemukan aplikasi yang memberikan pinjaman dengan mudah dan dengan syarat yang mudah juga patut anda curigai karena tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan tersebut akan menagih hutang dengan tiba-tiba kepada anda dan dengan cara yang merugikan.

Menjaga data pribadi pengguna

Sesuai dengan peraturan ojk tahun 2016, aplikasi fintek yang asli akan menjadi dan melindungi data pribadi setiap pengguna pinjaman di perusahaannya. Perusahaan dapat menggunakan data pribadi jika sudah mendapat izin dari pemilik data tersebut. Data tersebut aman dan tidak sembarangan orang yang dapat mengaksesnya. 

Berbeda halnya dengan aplikasi pinjaman online yang abal -abal banyak yang menyalahkan data pengguna pinjaman online tersebut untuk menagih paksa pihak peminjam. Contohnya ketika dalam pengajuan biasanya harus menyertakan kontak darurat yang bisa dihubungi jika pihak peminjam tidak bis dihubungi. 

Hal ini sering digunakan untuk menagih hutang anda kepada mereka. Selain itu aplikasi fintech abal- abal sering memgakses semua kontak dan akan menghubungi semua kontak yang ada di ponsel anda untuk menagih hutang yang mana mereka tidak tahu apa yang terjadi. Selain merugikan pihak peminjam juga merugikan orang lain.

Sekian untuk pembahasan kali ini, semoga dengan pembahasan kali ini anda bisa lebih bijak dalam meilih aplikasi pinjaman modal usaha ini. Dengan begitu anda tidak rugi dan tidak merugikan orang lain juga. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar