Kamis, 31 Oktober 2019

Cara Klaim Asuransi Prudential Cashless di Rumah Sakit Luar Negeri


Bagi Anda yang melakukan perawatan inap pada rumah sakit luar negeri, mungkin proses yang akan digunakan jauh berbeda dengan klaim dengan perawatan inap di rumah sakit rekanan dalam negeri. Cara klaim asuransi Prudential dikhususkan bagi nasabah PRUPrime Healthcare atau disingkat dengan istilah PPH. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk klaim asuransi.

1. Hubungi Pihak Ketiga Atau Administrator

Meskipun berbeda bukan berarti Anda tidak bisa melakukan klaim ya. Tetap ada cara yang bisa digunakan. Langkah pertama dan wajib untuk Anda lakukan adalah dengan menghubungi pihak ketiga atau TPA. Lakukan langkah yang satu ini sebelum Anda atau anggota keluarga lainnya melakukan perawatan di dalam kurun waktu 2x24 jam.

2. Pastikan Status dari Polis

Pastikan jika status dari polis Anda tidak mengalami atau berada di masa tenggang. Bisanya rumah sakit luar negeri yang menjadi rumah sakit rekanan yang nantinya akan Anda tuju akan memberikan informasi mengenai perawatan yang diberitahukan sebelumnya, serta apabila masa tunggu perawatan sudah selesai.

3. Proses Verifikasi dari Petugas Administrasi

Petugas administrasi biasanya akan melakukan verifikasi serta memberikan hasilnya lewat e-mail kepada Anda atau nasabah yang bersangkutan. Isi dari email tersebut yakni berupa dokumen yang mana harus diisi serta wajib dikirimkan kembali bersama dengan scan paspor nasabah.

4. Pemberian Konfirmasi Jadwal Rawat 

Jika semua tahap sudah dilakukan dan bisa dikatakan lancar. Selanjutnya pihak ketiga atau TPA akan memberikan konfirmasi yang mana berkaitan dengan jadwal perawatan serta rumah sakit nantinya akan Anda dituju.

5. Lakukan Konsultasi

Mungkin tidak berlaku pada semua rumah sakit yang ada di luar negeri. Namun ada juga aturan administrasi yang ada di rumah sakit luar negeri, di mana nasabah diwajibkan agar selalu melakukan konsultasi terkait dengan rawat jalan terlebih dahulu bahkan selain itu juga belum bisa langsung memakai fasilitas cashless. 

Apabila nasabah telah diputuskan untuk melakukan rawat inap, pihak dari rumah sakit akan mengirimkan Letter of Guarantee ke pihak asuransi agar proses penjaminan bisa berjalan dengan lancar.

6. Proses Pembayaran

Setelah Anda melakukan pendaftaran, maka pihak rumah sakit yang terkait akan meminta kartu kredit sebagai proses pre-authorization. Hal ini wajib dilakukan agar Anda terhindar dari selisih biaya yang mana harus dikeluarkan pada tagihan rumah sakit. Supaya nantinya tidak terjadi selisih biaya, maka sangat disarankan untuk memilih kamar maupun akomodasi yang sesuai pada plan yang Anda diambil.

Kini Anda tidak perlu merasa khawatir lagi saat berada di luar negeri dan tiba-tiba sakit dan memerlukan perawatan di rumah sakit. Jika memang hal itu terjadi saat Anda berada di luar negeri sebaiknya coba cara klaim asuransi Prudential metode cashless payment yang ada di atas.

0 komentar:

Posting Komentar