Senin, 09 September 2019

Inilah Beberapa Kebiasaan yang Tanpa Disadari Menjadi Penyebab Kanker Lambung


Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan yang sangat ditakuti oleh semua orang di seluruh dunia. Penyakit kanker sangat bermacam-macam dan bisa mengancam nyawa jika tidak segera ditangani dengan baik. Kanker lambung mungkin belum begitu familiar di telinga. Namun jenis kanker yang satu ini menurut World Cancer Research Fund (WCRF) merupakan kanker di urutan kelima dengan jumlah pengidap terbanyak. Gejala kanker ini terbilang samar, sehingga banyak penderitanya yang tidak sadar jika sedang berada pada kondisi sakit.

Adanya kanker di dalam tubuh, tentu ada penyebabnya. Untuk kanker jenis ini ditengarai oleh faktor gaya hidup, khususnya pola makan. Dari sebuah penelitian, seseorang beresiko mengidap kanker pada lambung jika memiliki tanda atau kebiasaan-kebiasaan berikut ini. Anda perlu mengetahuinya juga, sebagai berjaga-jaga agar tidak menyepelekan kebiasaan-kebiasaan yang ternyata kurang bagus untuk kesehatan diri. Nah, berikut ini diantaranya:

1. Memiliki riwayat penyakit lambung kronis dan faktor genetik.

Jika kedua hal ini Anda alami, maka sebaiknya lebih berhati-hati. Karena dari sebuah penelitian menunjukkan untuk seseorang yang memiliki riwayat kanker pada keluarganya, lebih beresiko mengalami hal yang serupa.

2. Memiliki pola makan yang buruk.

Pola makan juga turut menjadi pemicu timbulnya kanker ini pada tubuh seseorang. Jika Anda sering mengkonsumsi makanan yang cenderung pedas dan memiliki kandungan garam berlebih, maka sebaiknya lebih berhati-hati. Selain itu, kebiasaan makan secara berlebihan juga patut menjadi perhatian karena juga turut menjadi penyebab timbulnya kanker ini. Maka dari itu, berhentilah makan sebelum kenyang. Makan-makanan pedas dan asing, serta makan secara berlebih selain tidak baik untuk kesehatan lambung, juga menyebabkan sistem kerja lambung menjadi semakin berat. Efek jangka panjangnya, bisa menimbulkan penyakit.

3. Kebiasaan merokok dan minuman alkohol.

Jenis kebiasaan ini memang sudah cukup banyak diketahui memicu kondisi kesehatan menjadi semakin buruk. Ternyata, lambung juga bisa terkena dampak dari kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol. Terlebih bagi perokok usia muda, dampak buruk terhadap kesehatan lambung semakin besar.

4. Faktor psikologi.

Suasana hati yang sedang kurang bagus dan menyebabkan sering murung ternyata juga bisa menyebabkan kanker lambung. Hal ini dikarenakan tekanan pada bagian perut sangat besar. Untuk itu, kelola hati dan pikiran dengan baik agar lebih rileks, tidak merasa tertekan oleh kondisi apapun. Munculkan selalu pikiran yang positif didalam diri.

5. Lingkungan kerja.

Bagi Anda yang bekerja di lingkungan yang banyak memiliki kandungan sulfat, maka sebaiknya lebih waspada. Karena kondisi lingkungan yang seperti ini bisa mempengaruhi kesehatan lambung. Sebaiknya cari pekerja dengan kondisi lingkungan yang sehat, sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit kanker.

6. Kurang aktivitas fisik.

Berdiam diri selama berjam-jam setiap harinya memang kurang bagus bagi kesehatan, terutama juga untuk kesehatan lambung. Maka dari itu kebiasaan-kebiasaan buruk ini, seperti menonton TV, bermain hp selama berjam-jam, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, lakukan aktivitas fisik di sela-sela kegiatan Anda agar terhindar dari penyakit kanker.

7. Mengalami obesitas.

Kondisi memiliki berat badan berlebih selain kurang bagus dari segi penampilan, juga turut berdampak bagi kesehatan diri. Banyak penyakit yang disebabkan oleh masalah obesitas. Tak terkecuali kanker lambung, yang mana juga terjadi karena obesitas. Untuk itu, jaga kondisi berat badan agar ideal sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit.

0 komentar:

Posting Komentar