Senin, 15 Juli 2019

Cara Perawatan Mobil Innova agar Tidak Mudah Mogok


Mobil Innova merupakan mobil untuk pilihan keluarga yang tepat dengan kenyamanan interiornya. Anda bisa menggunakan mobil ini untuk perjalanan jauh. Harga mobil Innova kisarannya mulai dari harga Rp312.000.000,00 untuk pembelian tunai. Anda yang sudah memiliki mobil ini perlu melakukan perawatan berikut agar tidak mudah mogok. 

1. Kontrol Kondisi Mesin
Anda perlu melakukan langkah perawatan mulai dari kontrol kondisi mesin mobil. Langkah ini dilakukan secara rutin agar tidak terjadi kerusakan yang fatal. Jika mesin dijaga dengan baik maka mobil akan terhindar dari masalah seperti mogok. Anda bisa mengeceknya ke bengkel yang memang memahami agar kontrol bisa berjalan optimal. 

2. Kondisi Oli
Tahukah Anda saat melakukan perawatan mobil kondisi oli perlu dipastikan tetap aman. Bagaimana pun juga kualitas oli mempengaruhi kinerja mesin mobil. Apa lagi saat Anda sering melakukan perjalanan jauh. Penting sekali untuk rutin melakukan penggantian oli jangan dibiarkan sampai berwarna hitam pekat dan kotor. 

3. Bahan Bakar Mesin
Perawatan berikutnya yang perlu dilakukan untuk mobil Innova Anda agar tidak mogok adalah stabilitas kondisi bahan bakar. Jangan sampai kesediaan bahan bakar pada mobil Anda sampai terlalu minim atau bisa dibilang kandas ini tidak baik untuk mesin mobil. Selain itu usahakan untuk menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang bagus. 

4. Cek Radiator
Anda juga perlu melakukan perawatan pada bagian radiator mobil. Fungsi dari bagian ini adalah menyejukkan mesin yang sedang bekerja agar bisa optimal. Anda perlu melakukan perawatan dengan mengganti air radiator secara berkala. 

Dampaknya pada mobil jika dikontrol dengan baik adalah untuk mencegah terjadinya overheat. Mobil jadinya tidak mengeluarkan banyak asap dan jauh dari risiko mogok saat dikendarai terutama perjalanan jauh. Cek radiator ini secara berkala setiap bulan atau dua minggu sekali tergantung perjalanan mobil. 

5. Perhatikan Saringan Karburasi
Penting untuk Anda melakukan perawatan juga pada bagian saringan karburasi. Jangan sampai saringan di bagian mobil ini kotor dengan tumpukan debu dan kotoran. Bersihkan saringan secara teratur menggunakan sikat gigi sampai bersih jangan ada sisa kotorannya. Jika karburasi selalu bersih maka risiko mogok pada mobil akan lebih kecil. 

6. Kondisi Ban
Selama melakukan perawatan pada mobil Anda juga perlu memperhatikan kondisi ban mobilnya. Jangan menggunakan ban yang sudah botak atau geriginya sudah hilang karena berisiko mengendarai mobil saat hujan. Kondisi ban ini juga perlu diperhatikan angin yang ada di dalamnya berada di posisi tekanan aman. 

7. Kelistrikan
Bagian yang tak kalah penting agar mobil tidak mengalami mogok adalah kelistrikan. Anda perlu memperhatikan bagian ini agar tidak terjadi masalah seperti putusnya aliran listrik dari aki. Anda harus membersihkan bagian ini agar tidak ada kotoran yang menghambat sistem kelistrikan pada mobil. 

Aki mobil juga komponen yang sejalan untuk diperhatikan. Ketika Anda mengontrol kondisi kelistrikan berarti sekaligus dengan kondisi aki. Jika mobil sudah mulai susah distater atau klaksonnya sudah mulai kecil volumenya jangan tunda lagi untuk mengecek bagian aki mobil. Aki juga mempengaruhi kerja mobil agar terasa nyaman saat dikendarai. 

Anda bisa menerapkan cara perawatan ini secara menyeluruh agar mobil tidak mengalami mogok. Harga mobil Innova yang kisaran Rp312.000.000,00 perlu dilakukan perawatan agar tidak mengeluarkan biaya lebih banyak. Anda bisa mencari tahu informasi seputar mobil Innova jika dibutuhkan dengan mengunjungi website resmi Toyota.astra.co.id yang terpercaya. 

0 komentar:

Posting Komentar