Rabu, 24 Juli 2019

12 Makanan Ini Ampuh Atasi Anemia Pada Ibu Hamil


Ibu hamil bisa mengalami anemia selama masa kehamilan. Jika dibiarkan, anemia pada ibu hamil bisa berbahaya dan berakibat fatal. Untuk itu, Anda perlu segera mengatasinya. Cara tercepat tentu dengan mengkonsumsi obat. Tapi dengan kondisi Anda yang sedang hamil, Anda tidak boleh sembarangan memilih obat karena bisa berpengaruh buruk bagi perkembangan janin.

Daripada mengkonsumsi obat kimia, Anda bisa memilih mengatasinya dengan makanan-makanan berikut ini. Tidak hanya mampu mengatasi anemia, jenis makanan berikut juga sangat baik untuk tumbuh kembang dan kesehatan bayi.

1. Buah delima
Tidak hanya menjadi buah yang kaya dengan antioksidan, buah delima juga merupakan salah satu sumber zat besi alami sehingga mampu menaikkan kadar HB dalam tubuh. Buah delima juga mengandung asam folat yang bagus untuk perkembangan janin.

2. Kurma
Jika Anda memiliki kadar HB rendah selama kehamilan, Anda bisa mengatasinya dengan makan sebanyak 100 gram kurma. Dengan kandungan zat besi, kalsium, vitamin A dan B, serta magnesium membuat kurma memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar HB dalam tubuh.

3. Biji labu
Setiap 200 gram biji labu yang dikonsumsi, mengandung zat besi sekitar 8.9 miligram. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengkonsumsi biji labu jika mengalami anemia pada masa kehamilan.

4. Pisang
Buah yang mudah ditemukan ini juga menjadi makanan yang bisa membantu mengatasi anemia pada ibu hamil karena kandungan zat besi yang dimiliki oleh pisang.

5. Kacang hijau
Makanan selanjutnya adalah kacang hijau. Kandungan zat besi pada kacang hijau bisa menaikkan kadar HB yang rendah dalam tubuh. Kacang hijau memang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh semua wanita yang sedang dalam masa kehamilan, bukan hanya yang mengalami anemia saja. 

6. Daging
Daging juga merupakan jenis makanan yang kaya dengan zat besi dan protein. Zat besi untuk meningkatkan kadar HB dalam tubuh sedangkan protein berguna untuk pertumbuhan janin. Namun, khusus untuk ibu hamil, pilihlah daging yang bebas lemak agar terhindar dari risiko penyakit jantung dan obesitas. 

7. Kacang almond
Setiap satu ons kacang almond, sanggup memenuhi 6% kebutuhan zat besi dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi kacang ini untuk mengatasi anemia yang Anda derita selama kehamilan. 

8. Semangka
Anemia pada ibu hamil bisa diatasi dengan rajin mengkonsumsi semangka. Selain bisa meningkatkan kadar HB dalam tubuh sang ibu, semangka juga bisa menjaga energi dan meningkatkan penyerapan kalsium.

9. Buah bit
Setiap satu buah bit keci mengandung zat besi sebanyak satu sampai 1.2 miligram. Jadi, hanya dengan makan satu buah bit kecil, anemia yang dialami oleh ibu hamil sudah bisa diatasi. 

10. Yogurt
Kandungan kalsium dalam yogurt juga mampu mengatasi anemia yang Anda alami. Setiap 800 gram yogurt mengandung 250 gram kalsium yang baik untuk tubuh. Selain itu, yogurt juga lebih rendah kandungan lemaknya. 

11. Brokoli
Jika Anda suka mengkonsumsi sayur, Anda bisa menjadikan brokoli sebagai makanan untuk mengatasi anemia yang Anda alami karena setiap 100 gram brokoli mengandung 80 gram kalsium.

12. Ikan dan telur
Makanan selanjutnya yang mampu mengatasi anemia pada ibu hamil adalah ikan dan telur. Selain bisa mengatasi anemia, ikan dan telur juga sangat baik untuk tumbuh kembang janin.

Nah, itulah 12 jenis makanan yang mampu mengatasi anemia pada ibu hamil. Anda bisa memilih salah satu yang paling Anda sukai. Jaga kondisi tubuh dengan rajin mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan kalsium agar anemia tidak lagi mampir dan mengganggu kehamilan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar