Jumat, 07 Juni 2019

Yuk Eksplorasi Kuliner di Sragen saat Mudik


Sragen adalah gerbang di sisi timur perbatasan Jawa Tengah. Kota ini memiliki beragam kuliner nikmat. Varian dan cita rasanya sangat khas. Komposisi kuliner tersebut layak jadi rekomendasi untuk #PesonaMudik2019. Kulinernya wajib dieksplorasi saat mudik. Apalagi, Sragen penghubung Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Sragen menjadi destinasi yang ideal untuk beristirahat. Sembari memulihkan kesegaran, ada beragam kuliner nikmat yang patut dicoba. Cita rasanya juara dan harganya sangat ramah. Dijamin perjalanan mudik dan menikmati masa libur Lebaran semakin berkesan," ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Untuk itu, jangan lewatkan moment terbaik yang ditawarkan Sragen. Untuk memudahkan pemudik, berikut disajikan #10TopKulinerLebaran2019:

1. Soto Girin Sragen

Kuliner yang satu ini adalah soto. Jangan ngaku suka soto kalo anda belum menikmati soto satu ini. Soto satu ini berasal dari Sragen, namanya "Soto Girin Sragen". Jika anda bersama keluarga dan kolega main ke Sragen, jangan lupa mampir ke sini. Cita rasanya sangat nikmat. Memanjakan lidah dan perut kita. Inilah soto yang sangat populer sekali di Kota Sragen. Soto legendaris ini berlokasi di Jalan Brigjen Katamso Sragen Kulon.

2. Sate Kelinci Pak Peng

Sate yang menggoda sekali di Sragen karena kelezatannya, yaitu Warung Pak Peng. Hidangan daging kelinci disate dengan tambahan bumbu spesial. Cita rasanya jelas istimewa. Anda yang suka sate kelinci buruan nyobain sate kelinci di sini di jamin satenya sangat enak sekali. Yang berlokasi di jalan Solo-Ngawi, Ngrampal, Sragen

3. Bakso Rusuk Palur

Bagi anda yang suka bakso dan di tambah rusuk, mampir ke sini kuliner yang satu ini. Menu utamanya bakso rusuk. Rasanya sangat enak untuk dinikmati. Kuliner ini sangat rekomended banget jika dicoba. Jika anda main main di Karanganyar, tepatnya di Palur, ada beberapa pilihan menu yang bisa dicoba. Sebut saja, bakso biasa (polos), bakso rusuk (iga sapi) dan bakso tetelan. Pilih saja sesuai dengan seleramu. Harganya murah sekitar Rp.10 ribu hingga Rp.20 ribu. silakan nyobain ke sini yang berlokasi di Jl. Sukowati, Sine, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen.

4. Tongseng Pak Noto

Tongseng Pak Noto sangat terkenal di Sragen. Kedai ini sudah beroperasi sejak tahun 1995. Cita rasa yang ditawarkan sangat nikmat. Kuahnya cokelat muda dengan taburan beberapa sayuran, seperti kol dan tomat. Kuahnya gurih dengan rasa rempah yang kuat.

Selain tongseng, kedai ini juga menyiapkan menu lainnya. Sebut saja, sate dan gule. Ada juga garang asem. Kuliner ini bisa dinikmati bersama beberapa minuman khas yang menyegarkan. Soal harga? Kuliner ini tetap terjangkau dan tidak membuat kantong jebol.

5. Bothok Mercon Pembawa Berkah

Bagi penikmat pedas, maka kuliner ini wajib dicoba. Namanya adalah "Bothok Mercon Pembawa Berkah". Bothok ini terasa enak, tapi juga sangat membakar lidah. Walaupun rasanya sangat pedas, warung bothok yang ada di sragen ini tidak sepi dari pelanggan. Banyak orang yang datang untuk mencoba bothok mercon ini. Jangan ngaku suka pedas kalo belum pernah nyobain makan di sini. Lokasi Bothok Mercon di Jl. Raya Sukowati 255, Sragen.

6. Sate Kambing Widi

Sragen juga mempunyai kuliner andalan yaitu kuliner Sate Kambing Widi. Kuliner ini sangat populer dan sangat di gemari oleh warga Sragen. Rasa sate kambingnya sangat enak dan daging yang sangat empuk. Dengan komposisi ini, wajar bila Sate Kambing Widi jadi andalan di Kota Sragen. Lokasinya di Dukuh Kajen, Desa Celep, Kedawung, Sragen. Bagi anda yang pecinta sate, silakan nyobain di sini. Kuliner ini jamin recomended banget rasanya.

7. Pecel Tumpang

makanan khas dan paling dicari di Sragen yaitu kulinernya yang bernama Pecel Tumpang ini sangat di gemari di sragen, dengan bumbu pecel yang legit dan pedas tetap nendang di lidah, anda penggemar pecel silakan datang ke sragen dan cicipilah pecel tumpang di sini yang berlokasi di Kuwungsari, Kabupaten Sragen.

8. Gathot Sragen

Gathot merupakan kuliner tradisional. Camilan ini terbuat dari gaplek yang lama disimpan. Untuk mengolahnya, gaplek lalu direndam dan dicuci lagi hingga bersih. Sebelum dikukus, gaplek tersebut dipotong kecil-kecil sesuai selera. Bagaimana rasanya? Camilan ini sangat gurih dan nikmat. Sebab, untuk mengeluarkan rasanya, Gathot baisanya ditambahkan garam, gula, dan kelapa.

Salah satu spot penjual Gathot Sragen yang familiar adalah Warung Bu Dharmo. Ada beberapa varian rasa yang ditawarkan. Sebut saja, rasa pisang, nangka, dan masih banyak lagi. Soal harga? Makanan ini sangat murah dan terjangkau. Silakan nikmati Gathot saat berlibur atau melintas mudik di Sragen.

9. Tengkleng & Sate Kambing Mas Mitro

Salah satu sate kambing yang punya reputasi di kota Sragen adalah Sate Kambing Mas Mitro. Meski nama kedainya sate kambing, tapi hidangan yang banyak dicari para pengunjungnya justru hidangan tengkleng. Dengan rasa tengkleng yang menggoda dan dengan daging kambing muda pilihan tengkleng ini menjadi primadona di Sragen, Kedai ini berada di daerah Beloran, tepatnya di Jl. Raya Sukowati 117 sebelahnya dealer motor Harapan Utama.

10. Trancam Mbah Pin

Trancam mbah Pin, wah pastinya yang mendengar kata trancam mbah Pin kita langsung memikirkan rasa kelezatan bumbu sambal trancam dan kesegaran sayurannya. Trancam mbah Pin ini menyajikan trancam dengan lauknya yang serba bakar menarik para pecinta kuliner yang memperhatikan kesehatannya datang ke warung lesehan ini. Warung makan ini buka setelah maghrib hingga pukul 21.00 WIB.

0 komentar:

Posting Komentar