Jumat, 28 Juni 2019

Hidangan Anti Mabuk untuk Kamu yang Tidak Kuat Naik Pesawat


Lakukan perjalanan dengan transportasi pesawat terkadang bisa menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Tidak jarang, rasa mual bisa datang karena rasa cemas yang berlebihan. Misalnya saja, saat kamu menumpangi pesawat ke Batam yang jalur terbangnya melewati perairan Jawa - Sumatra.

Terkadang rasa mual bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat anti mabuk yang banyak beredar di pasaran. Akan tetapi, bagaimana jika kamu bukan tipe orang yang suka minum obat? Kudapan atau minuman apa saja yang sebaiknya dikonsumsi selama perjalanan agar menghindari perasaan mual? Berikut adalah beberapa hidangan yang biasanya disediakan oleh awak kabin dan mungkin bisa kamu konsumsi untuk mengurangi rasa mual. 

1. Sup panas
Saat mabuk kendaraan, tubuh biasanya mulai menunjukkan rasa tidak nyaman seperti keluar keringat dingin, jantung berdebar, hingga tubuh terasa lemas dan gemetar. Kondisi badan yang drop seperti ini biasanya akan terasa segar kembali setelah mengkonsumsi hidangan berupa sup panas. Hindari sup krim yang mengandung susu, tepung, dan mentega karena dapat membuat sistem pencernaanmu semakin terasa tidak nyaman. Pilihlah sup dengan kuah yang ringan seperti sup ayam, sup sayur, atau tom yam seafood yang sedikit pedas. 

2. Buah segar
Buah potong seperti semangka, pepaya, dan melon memiliki vitamin C yang tinggi sehingga dapat menyegarkan tubuh secara instan. Tidak hanya itu, kadar air yang terkandung dalam buah potong ini juga lebih cepat terserap ke dalam tubuh dibanding air putih biasa. Jika tidak cocok dengan rasa buah yang manis, mintalah jeruk, mangga, atau kiwi yang terasa masam. Tidak usah buru-buru dihabiskan. Kunyahlah buah secara perlahan sambil atur nafasmu agar rasa mual cepat mereda.

3. Kopi panas
Kopi hitam yang baru diseduh akan memberikan aroma relaksasi yang menenangkan jantung. Begitu denyut jantung melambat, rasa pusing dan mual karena mabuk pun jadi lebih terkontrol. Hirup aroma kopi lalu minum perlahan. Suhu panas dari kopi akan membantu melemaskan ototmu yang tegang karena rasa mual. Kandungan kafein dalam kopi yang terserap tubuh akan melebarkan pembuluh darah sehingga saraf yang tegang dapat lebih tenang.

4. Air gula-garam
Campuran air hangat dengan gula dan garam tidak hanya bagus untuk penderita diare. Air elektrolit ini nyatanya juga baik jika dikonsumsi oleh kamu yang sedang mabuk perjalanan. Saat sedang mabuk, tubuh jadi lebih lemas dan mengeluarkan banyak keringat dingin. Begitu kamu mengkonsumsi air hangat yang diberi campuran ini, zat elektrolit akan langsung terserap tubuh, menggantikan energi yang terbuang dari keringat. Tubuh pun akan terasa jauh lebih enteng dan segar.

5. Teh chamomile
Mual karena mabuk kendaraan tapi tidak sanggup dengan kandungan kafein dari kopi dan daun teh? Seduhan bunga chamomile bisa kamu jadikan solusi tepat. Teh ini sudah terkenal sejak dulu sebagai minuman 'penenang'. Bunga chamomile sendiri bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, membuat tubuh jadi rileks, tidur jadi lebih nyenyak, dan meringankan nyeri di dalam tubuh. Aromanya yang lembut juga tidak membuat lambungmu menjadi perih seperti yang kerap ditimbulkan dari aroma kopi atau teh biasa.

Rasa takut hingga mabuk saat bepergian dengan pesawat sebetulnya dapat diatasi secara tuntas. Latihlah pernapasan sehingga otot tubuhmu tidak tegang. Atur pola makan beberapa hari sebelum terbang agar sistem pencernaan tidak terganggu selama perjalanan.

0 komentar:

Posting Komentar