Rabu, 15 Mei 2019

Yang Mudik ke Sumedang, Ini 10 Destinasi Kerennya


Siapa yang hendak mudik ke Sumedang? Kota sejuta pesona? Yang punya panorama alam yang wow? Udara dingin? Yang kebetulan mudik atau melintas, yuk simak panduannya. Dijamin Anda tidak akan kecewa.

"Destinasi pariwisata Sumedang ini jempolan. Wisatawan harus merasakan sensasi yang ditawarkan kota ini, Dijamin akan jadi tempat wisata prioritas di setiap libur lebaran," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Penasaran? Yuk, simak panduan #pesonamudik2019 berikut ini. Dijamin Anda tidak akan kecewa.

1. Kampung Toga Sumedang
Sesuai namanya, tempat wisata ini menghadirkan aneka tanaman obat (TOGA). Objek utamanya panorama alam. Ada hamparan bukit dan sawah yang bisa dinikmati.

Wisata digantaranya juga oke. Ada gantole dan paralayang yang bisa dicoba.

Kampung Toga Sumedang juga memiliki danau buatan yang indah. Semua dibalut dengan kebun buah dan fasilitas outbound. Fasilitas yang disediakan antara lain, flying fox,paint ball, dan hi-roof.

Berminat? Langsung datang aja ke Desa Sukajaya, Sumedang Selatan.

2. Taman Buru Gunung Masagit Kareumbi.
Konsepnya hutan liar dengan panorama alam yang asri. Bu Hutannya oke banget. Segar. Alami. Sangat pas untuk milenials yang suka adventure. Fasilitas penunjangnya juga sangat menarik.

3. Curug Cinurang
Curug Cinulang ada di perbatasan Kabupaten Bandung dengan Sumedang. Meski di perbatasan, lokasinya enggak begitu jauh dari pusat kota kok

Tempatnya gampang dicari. Lokasinya satu jalur dengan rute ke hutan wisata Kareumbi Masigit. Jadi, yang mau wisata ke sini bisa dapat dua tempat sekaligus.

4. Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Kunci
Meskipun disebut gunung, tempat ini sebenarnya bukanlah gunung. Slotnya hanya bukit kecil. Di Gunung Kunci, terdapat bangunan bersejarah. Di sana kita bisa melihat sebuah benteng pertahanan peninggalan zaman kolonial.

Sekadar info saja, di Jawa Barat terdapat tiga Tahura. Yang pertama Tahura Djuanda di Bandung. Nomor duanya Tahura Pancoran Mas di Depok. Satunya lagi Tahura Gunung Kunci dan Gunung Palasari di Sumedang.

5. Mata Air Sirah Cipelang
Mata Air Cipelang ini terletak di hilir sungai. Sangat aman untuk digunakan sebagai tempat pemandian atau berenang.

Mata Air Cipelang ini berjarak 46,1 km dari exit tol Cileunyi. Jika ditempuh dengan lalulintas yang lancar diperkirakan berkisar antara 70 hingga 100 menit.

Sumber Mata Air Cipelang ini berada di kaki gunung Tampomas. Lokasinya memang berada di tengah pepohonan yang rindang. Sehingga suasananya memang sangat segar dengan udara khas kaki pegunungan. So, siap-siap kedinginan ya setelah berenang di Mata Air Cipelang ini.

6. Agrowisata Kampung Nagrok.
Hamparan buah dan perkebunannya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal.

Lokasinya di Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Cukup mengikuti rute, Anda akan sampai di lokasi.

Di waktu pagi dan senja, pengunjung dapat menikmati panorama terbit dan tenggelamnya matahari. Saat malam hari, pengunjung dapat menikmati hamparan suasana perkotaan Sumedang dengan ribuan kerlap-kerlip lampu bak kunang-kunang.

7. Eco Green Park Kampung Karuan.
Kampung Karuhun bisa dikatakan sebagai destinasi wisata terpadu dengan konsep Eco Green Park. Anda akan dibawa menikmati nuansa alam yang fresh. Kalau ma lunikutan menanam berbagai macam bibit pohon juga bisa loh.

Lokasinya juga sangat cocok untuk gathering. Karena di sini, ada Sungai Cihonje yang membelah Kampung Karuhun.

Di sini juga ada Waterboom. Sangat oke untuk berenang di lembah rimba yang hijau dan asri.Futsal lumpur juga disediakan bagi para pengujung yang ingin merasakan sensasi bermain futsal tanpa lapangan sintetis.

Belum lagi All Terrain Vehicle (ATV). Kendaraan off-road ini dapat disewa untuk menelusuri track dekat Bu sungaim tracknya dijamin sangat menantang Variasi tekstur menanjak, menurun, miring, serta sesekali melewati tanah berlumpur, semua bakal siap dijelajahi.

8. Wisata Alam Pangjujungan
Desa Wisata Alam Pangjugjugan adalah tempat bagi pengunjungnya untuk bisa bercengkrama dengan alam. Bisa mendengar desau pinus. Merasakan gemericik air. Juga gemulai ikan seraya melihat elang terbang dengan gagahnya di udara.

Di sini juga ada beberapa rumah pondokan yang dapat diinapi dengan harga relatif murah. View-nya tertuju ke jalan desa, sebuah situ, kolam ikan, serta hamparan sawah dan kebun.

So, mari mengenal alam sambil berwisata edukasi. Bermain sambil belajar dengan cara yang mengasyikkan.

9. Arum Jeram Pancalikan
Kondisi bebatuan dan arus di Sungai Cipeles sangat cocok untuk dijadikan tempat arung jeram. Terdapat beberapa jeram di daerah aliran sungainya. Jeramnya tidak berbahaya, namun cukup menantang.

Jalur arung jeram di kawasan ini masuk dalam grade 2 artinya, sangat oke untuk memompa adrenalin.

10. Situ Cilembang
Air dari Situ Biru Cilembang sekilas terlihat biru. Sebenarnya tidak benar-benar berwarna biru. Warna birunya hanya pantulan warna langit. Airnya jernih seperti kaca

Ekosistemnya sangat bagus. Ada banyak ikan yang terlihat muncul di Situ Biru Cilembang dari mulai ikan Nilem, Wader atau ikan Lunjar Padi, sengol hingga terkadang semua ada. Bahkan ada juga kura-kura air tawar.

0 komentar:

Posting Komentar